Meriahnya Antusias Pengunjung KAI Travel Fair 2017

By Admin

Foto/dok. KAI  

nusakini.com - Event KAI Travel Fair (KATF) resmi dimulai pada Sabtu (29/7) di Balai Sidang Hall B Jakarta Convention Center (JCC). Acara dibuka langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan menggunting pita didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro. Acara travel fair ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 29-30 Juli 2017. Masyarakat terlihat sangat antusias dengan adanya acara ini. Hal tersebut terlihat dengan panjangnya antrean yang sudah dimulai sejak pukul 6 pagi. Beragam kegiatan menarik hadir di acara Travel Fair ini mulai dari lelang travel equipment, photo booth competition serta hiburan lainnya. Acara ini memberi kesempatan masyarakat untuk membeli tiket kereta api dengan harga diskon, serta pengalaman memperoleh tiket melalui cara yang berbeda. Dalam kesempatan ini KAI juga turut menghadirkan anak usahanya yang turut berpartisipasi memeriahkan acara sehingga masyarakat mengetahui lebih dekat lingkup usaha yang dikelola dari setiap anak usaha KAI ini mulai dari PT KCJ, PT Railink, PT RMU, PT Kawista, KALOG, sampai dengan KAPM.

Rini Soemarno dalam sambutannya berharap, semoga gelaran pertama ini bisa sukses terselenggara dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan tiket dengan harga terjangkau. “Saya sangat mengapresiasi ajang KAI Travel Fair karena melihat animo masyarakat sangatlah besar. Ia mengaku melihat banyak masyarakat yang ingin berwisata dan mengenal daerah-daerah lain,” ujar Rini. Rini mengungkapkan, dirinya ingin terus mengembangkan potensi-potensi wisata di daerah yang jarang dilalui kereta api. Menurut Rini jika memang ada daerah yang memiliki destinasi wisata menarik, dan bisa mendatangkan wisatawan, maka perjalanan kereta itu akan dibuatkan program-program khusus bagi para wisatawan. "Begitulah yang ingin saya coba."

Selanjutnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku takjub dengan Travel Fair yang pertama diadakan oleh KAI ini. "Luar biasa, luar biasa antusiasmenya, ini membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap KAI begitu besar," ujar Budi Karya Sumadi. Pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas kereta api di Indonesia. Upaya tersebut, ungkapnya karena minat masyarakat terhadap moda transportasi berbasis rel tersebut cukup tinggi. "Kereta api itu sangat dicintai dan digemari masyarakat karena level of servicenya sudah prima. Saya selalu dikomentari dua hal, yaitu layanan kereta api bagus, tapi saya tidak dapat tiket. Artinya minat kereta api bagus, tapi di sini ada suatu kapasitas yang kurang," katanya. Selain itu, dia menambahkan, acara Kereta Api Travel Fair tersebut dapat dimanfaatkan guna meningkatkan pengunjung tempat-tempat pariwisata di daerah-daerah seperti Tegal, Brebes, dan Cirebon. "Acara ini perlu kita apresiasi. Program ini kreatif. Luar biasa. Kita bisa jual tiket sekarang supaya dimanfaatkan untuk meningkatkan pariwisata di daerah. Kita harus menolong kota-kota kedua kita seperti Tegal, Brebes, Cirebon, supaya dipenuhi dengan wisatawan. Sekali lagi selamat untuk KAI,' katanya

Edi Sukmoro menyatakan, jika animo masyarakat bagus, maka event ini akan digelar tiap tahun. "Pasti ada tiket diskon selanjutnya, kalau animo masyarakat bagus. Siap-siap ya," ujar Edi di mimbar panggung. Edi menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah terkait pariwisata. "Dalam dua hari pelaksanaan acara ini, tiket yang bisa dijual lebih dari 600 ribu tiket, dengan harga khusus," tambah Edi. Menurut Edi, terdapat 64 stan yang berpartisipasi. Tiket yang dibeli dalam acara ini adalah tiket yang bisa digunakan antara 7 Agustus sampai 31 Oktober 2017.

Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales PT Kereta Api Indonesia Mukti Jauhari mengatakan, data penjualan tiket sebanyak 118.221 lembar tersebut berdasarkan data pada Minggu (30/7) pukul 13.50 WIB. Oleh karena itu, ungkapnya, jumlah tiket kereta api yang terjual pada acara Kereta Api Travel Fair dari 29-30 Juli 2017 masih bisa bertambah. “Antusiasme masyarakat masih tinggi. Namun, flow pengunjung normal terkendali,” kata Mukti, Jakarta, Minggu (30/7). Dia mengatakan, masyarakat pembeli tiket kereta api pada acara Kereta Api Travel Fair pada 29-30 Juli 2017 memiliki tujuan variatif.

"Kami sangat bersyukur bahwa pada malam hari ini kita telah sampai pada akhir acara terselenggaranya KAI Travel Fair 2017 yang dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 29 Juli 2017, hingga malam hari ini” ujar Edi Sukmoro saat penutupan acara. Ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga acara bisa berjalan dengan lancer. "Acara ini terlaksana salah satu wujud dari sinergi BUMN yang bisa dirasakan oleh stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat," ujar Edi Sukmoro. "Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat pada acara ini, dan semoga kita semua bisa selalu meningkatkan pelayanan yg lebih baik kepada masyarakat khususnya pengguna kereta api," ujar Edi. (p/ma)